Tanggal 15-16 Oktober 2016 diadakan salah satu alur kaderisasi bagi calon punggawa KAB yang disebut dengan Smart Camp. Smart camp kali ini diadakan di Mangunan, Imogiri, lokasi yang sama dengan tahun sebelumnya. Tema Smart Camp 1 ini adalah “Bersinergi dalam KAB Mewujudkan Center of Excellent yang Kontributif, Prestatif, dan Mandiri”. Sasaran Smart Camp 1 adalah calon punggawa KAB yang berjumlah kurang lebih 45 anak. Hanya saja, karena berbenturan dengan adanya beberapa makrab HMJ , hanya 21 anak yang bisa mengikuti Smart Camp kali ini.

Sebelum keberangkatan ke Imogiri, para peserta Smart Camp diwajibkan untuk mengikuti seminar Bioteknologi yang diadakan di Auditorium Hardjono Danuesastro guna menambah wawasan di bidang pertanian.

Seminar Bioteknologi

Tahun ini merupakan kali pertama diadakannya Seminar Bioteknologi “Clorobite”. Seminar ini merupakan event kerjasama antara IAAS, Klinik Agromina Bahari, dan Imagro . Acara ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. Clorobite mengangkat tema ”Peran Bioteknologi Bagi Swasembada Pangan Indonesia dalam Menghadapi Persaingan di Era MEA”. Seminar ini diisi oleh Desi Utami, S.P., M.Sc selaku moderator dan pembicara-pembicara yang luar biasa . Pembicara dalam seminar ini antara lain Ir. Irfan Dwidja P.,M.Eng.Ph.D selaku dosen Pertanian UGM, Dr.Ir.Kristamtini,M.Si selaku Peneliti BPTP Yogyakarta, dan Ir. Sasongko, M.Si selaku Kepala Dinas Pertanian DIY.

Materi – materi Smart Camp 1

            Setelah selesai seminar, para peserta dan panitia beristirahat kemudian melakukan perjalanan ke Imogiri. Para peserta sampai di homestay sekitar pukul 14.30 WIB. Setelah beres-beres dan melaksanakan ibadah solat, acarapun dimulai. Materi yang pertama adalah materi terkait “How to be Good Staff”. Materi ini disampaikan oleh Alfath Bagus Panuntun ENI. Alfath merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang kini menjabat sebagai pimpinan Dema Fisipol UGM bidang keilmuan. Alfath menjelaskan terkait bagaimana menjadi staff yang baik. Ketika kita selalu menuntut bagaimana pemimpin yang baik, maka tentu juga perlu berkaca diri untuk bisa menjadi staff yang baik pula. Alfath juga menampilkan tokoh-tokoh inspiratif di Indonesia.

            Materi yang kedua adalah tentang ke-KAB-an. Materi ini disampaikan oleh Sekjend KAB saat ini, Aprilia Sari. Materi ini dimulai sekitar pukul 19.10 WIB. Dalam materi ini, berbagai hal tentang KAB diutarakan, mulai dari sejarah sampai dengan kegiatan-kegiatan Klinik Agromina Bahari. Harapannya dengan adanya materi ini, calon punggawa KAB bisa mengetahui seluk beluk dari organisasi yang akan mereka ikuti, yaitu KAB. materi ini dilanjutkan dengan jalannya diskusi kelompok. Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diberi kasus yang kemudian mereka diskusikan bersama. Setelah diskusi, peserta diminta untuk presentasi semenarik mungkin sesuai apa yang mereka diskusikan dengan kelompok masing-masing. Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 22.00 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat di kamar yang telah disediakan.

Pelantikan

            Minggu pagi (16/10/16) , senam dilanjutkan dengan outbound. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok berjalan di setiap pos pos yang disediakan. Mulai daripos 1 sampai dengan pos 5. Masing masing pos berisi game-game yang harus dilewati oleh peserta. Pos 4 dan pos 5 berada di hutan pinus. Pos 5 merupakan pos puncak dimana pelantikan dilaksanakan. Peserta dikumpulkan di spot hutan pinus yang cukup sepi agar prosesi pelantikan tidak terganggu. Diawali dengan narasi-narasi terkait dengan kondisi pertanian perikanan saat ini dan renungan-renungan lain, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar dalam kondisi mata masih tertutup. Begitu ikrar selesai dibacakan, maka capung bukan lagi capung, mereka kini adalah punggawa. Bagian dari KAB…. dan semua panitia bersama-sama mengucapkan “selamat datang di Klinik Agromina Bahari”

pasca pelantikan

pasca pelantikan

Matrikulasi

Mengingat Smart Camp merupakan salah satu alur kaderisasi bagi  calon punggawa KAB, maka akan ada matrikulasi bagi calon – calon punggawa KAB yang belu mengikuti Smart Camp. Selain itu alur kaderisasi yang lain adalah Research Academy yang akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober 2016. Jika capung tidak memenuhi alur kaderisasi yang telah ditentukan, maka capung dinyatakan mengundurkan diri dari KAB. dalam serangkaian alur kaderisasi, tentu terdapat materi-materi yang akan berguna untuk bekal para calon punggawa khususnya terkait riset dan keilmuan.

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *